TUGAS INFORMATIKA URAIAN

NAMA : KAYLA ALIFYA DENIAR 

KELAS : 8.C

ABSEN : 12

 

II. Uji Pengetahuan Uraian Informatika Kelas 8 

1. Jelaskan Langkah-langkah membuat surat masal (mail merge) kolaborasi dengan data dari program pengolah angka (Microsoft Excel)!

= Yang pertama adalah Membuat File Sumber Data. File data biasanya berisikan data penerimanya, yang mencakup nama penerima surat, alamat penerima, nomor telepon, dan data lain yang sekiranya diperlukan.

Yang kedua adalah Membuat Naskah Utama. Pada naskah utama berisi badan surat tersebut, bisa juga desain amplop untuk membungkus surat. 

Yang ketiga adalah Menghubungkan Naskah Utama dengan Sumber Data. 

Selanjutnya, Buka file naskah utama di Microsoft Word.

Pilih menu Use Existing List.

Pilih sheet data yang Sesuai.

Atur data Merge Field.

Dan step terakhir adalah, Melihat Hasil. Pastikan keseluruhannya sudah benar dan tidak ada yang salah.

2. Apa yang dimaksud dengan Program Pengolah Angka? Dan berikan contoh beberapa program pengolah angka yang ada saat ini.

= Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.

Contoh beberapa program pengolah angka yang ada saat ini: 

-Microsoft Excel

-Xess

-Open Office Calc

-Kspread

3. Apa yang dimaksud dengan :

a. Worksheet

Worksheet adalah bagian dari workbook, tempat dimana kita memasukkan data, membuat tabel, membuat chart, dan lain sebagainya.

b. Workbook 

Workbook adalah tempat atau area dimana kita melakukan bermacam aktifitas utama pada microsoft excel atau menejemen data yang terdiri dari satu atau beberapa worksheet.

4. Apa perbedaan antara Cut, Copy dan Paste?

=

Bedanya Copy dan Cut adalah perintah Cut akan menghapus karakter yang berada pada posisi aslinya, sedangkan perintah Paste untuk menempatkan hasil ke posisi asli.

5. Jelaskan perbedaan antara PASTE dengan Paste Special!

=

Paste: Berfungsi sebagai perintah yang akan menampilkan hasil salinan atau pindahan tepat seperti yang akan disalin atau dipindah.

Sedangkan Paste Special: Mirip seperti Paste. Namun, hasil salinan tersebut bisa kita modifikasi atau bisa memilih format yang ada dalam opsi paste tersebut.

6. Apa yang dimaksud dengan :

a. Sel

Sebuah sel merupakan persimpangan dari baris dan kolom. Dengan kata lain, itu adalah tempat di mana baris dan kolom bertemu. Setiap sel memiliki nama sendiri, atau alamat sel, berdasarkan kolom dan baris.

b. Range

Range adalah kumpulan atau gabungan dari beberapa cell baik yang berdekatan ataupun yang berjauhan.

7. Jika lembar kerja / worksheet akan disimpan dengan nama LATIHAN-1, bagaimana prosedurnya?

=

-Pastikan pekerjaan yang ada pada lembar kerja/worksheet sudah selesai.

- Kemudian klik Office Button (untuk Excel versi 2007) atau menu/ribbon File (untuk Word versi 2010 keatas), lalu klik Save, atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+S, lalu tunggu hingga jendela Save muncul.

- Setelah jendela Save muncul, cari folder/tempat untuk menyimpan worksheet tersebut, kemudian pada kolom File Name, isi dengan nama LATIHAN-1, kemudian klik Save lagi.

8. Sebutkan apa yang kamu ketahui dari Google form!

= Google form adalah layanan dari Google yang memungkinkan kita untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dicustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya, digunakan untuk guru-guru dalam memberikan tugas kepada siswanya. Seperti di SMP saya, SMPN 17 BEKASI. Yang mayoritas gurunya menggunakan google form untuk memberikan tugas kepada siswanya selama PJJ.

9. Jelaskan apa yang kamu ketahui manfaat dan keunggulan dari Google Form!

=

Manfaat dan keunggulan (Berdasarkan yang saya ketahui):

-Memudahkan guru dalam memberi tugas, atau latihan soal pada siswa dan siswi.

-Menyediakan cara dalam menyediakan survey atau tanya jawab dengan mudah.

10. Jelaskan cara membuat Google form!

=

-Buka Google Form dalam situs Forms.google.com.

-Klik bagian Blank dengan simbol +.

Formulir baru akan terbuka.

-Tambahkan judul dan deskripsi formulir.

Selanjutnya, pengguna dapat menambahkan pertanyaan.

-Pilih beberapa jenis jawaban yang disediakan. Opsinya adalah tulisan, pilihan ganda (multiple choices), kotak centang (checkboxes), skala linear (linear scale) dan sebagainya.

-Jika sudah selesai, klik tombol Send pada bagian kanan atas untuk mendapatkan tautan.

-Google Form selesai dibuat. Tautan dapat dibagikan untuk mendapatkan respon.

Komentar